WISATA PULAU DEWATA

Discover the most beautiful & interesting places to your vacation

Festival Layang – Layang

Posted by Wirahadi Bali on May 23, 2013

Festival Layang - Layang

Festival Layang – Layang

Lomba atau festival layang – layang di Bali merupakan salah satu atraksi wisata menarik yang ada di Bali. Layang – layang seakan tidak bisa lepas dari sisi kehidupan orang Bali. Bagi masyarakat Bali, layang – layang bukanlah sekedar mainan anak – anak, melainkan sudah menjadi tradisi yang patut dilestarikan. Karena layang – layang Bali bukan hanya sesuatu yang ditarik dengan tali dan bisa terbang, melainkan sebuah karya seni yang bernilai tinggi yang memerlukan keahlian khusus dalam membuatnya. Sebut saja layang jenis Pecukan ( layang – layang yang bentuknya menyerupai bentuk mata manusia), jenis layang – layang ini termasuk jenis layang – layang yang tingkat pembuatannya cukup sulit karena memerlukan keahlian dan cukup pengalaman. Salah pembuatan baik dalam mengukur tiap panjang kerangka maupun berat layangan dapat berakibat ketidak seimbangan layang – layang saat berada di udara bahkan tidak bisa terbang sama sekali.
Ada berbagai macam jenis layang – layang yang ada di Bali, namun 3 jenis diantaranya paling paling banyak digemari sehingga jenis – jenis ini paling sering dilombakan. Ketiga jenis layang – layang tersebut antara lain : Layang Bebean, layang Janggan dan layang Pecukan. Sebagian besar bentuk layang – layang di Bali diadopsi dari bentuk binatang misalnya layang Bebean yang menyerupai ikan, layang Janggan yang menyerupai naga, dan layang pecukan yang menyerupai ikan pari. Bentuk – bentuk tersebut disempurnakan lagi dengan sedikit sentuhan seni, sehingga menjadi cukup menarik. Ukurannya pun biasanya dibuat agak besar karena peminat layang – layang tidak hanya anak kecil saja, melainkan juga orang dewasa yang mencintai seni ini. Jadi tak jarang jika pada musim angin kencang ( biasanya bulan Juni – Aguastus ) banyak bermunculan sekaa ( perkumpulan ) layang – layang yang membuat layang – layang besar yang diterbangkan bersama – sama. Ukurannya tidak main – main, bisa mencapai 15 meteran lebarnya, dan untuk jenis layang – layang tertentu seperti layang Janggan ( naga ) panjang ekornya bisa mencapai 300 meteran.
Lomba layang – layang atau festival layang – layang di Bali biasanya diadakan pada musim angin kencang ( bulan Juni – Agustus) dimana tempat perlombaan biasanya dipesisir pantai ( pantai Padang Galak, Pantai Kuta, pantai Tanah lot, Sanur dan lain – lain ). Jangan heran jika anda berada di Bali pada bulan  -bulan tersebut, anda akan mengalami kemacetan disepanjang jalan tertentu yang dibuat oleh kendaraan peserta lomba layang – layang yang membawa layang – layang mereka yang berukuran cukup besar. Peserta lomba umumnya adalah organisasi pemuda yang ada diseluruh Bali yang menjadikan festival ini sebagai agenda khusus dalam kegiatan keorganisasian mereka. Festival layang – layang di Bali saat ini telah menjadi suatu atraksi yang sangat menarik khususnya untuk para wisatawan yang sedang berlibur di Bali, apalagi saat ini lomba layang – layang di Bali telah bertaraf nasional dimana dipromotori langsung oleh PELANGI ( persatuan layang – layang Indonesia ) dan bahkan tak jarang diselenggarakan juga lomba bertaraf internasional yang melibatkan berbagai peserta dari seluruh dunia. Umumnya festival layang – layang melombakan 3 jenis layangan tradisi yaitu layang Bebean, janggan dan Pecukan ditambah sesi perlombaan layang modern atau kreasi baru untuk membuka pintu bagi peserta yang meminati jenis layang – layang lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: