WISATA PULAU DEWATA

Discover the most beautiful & interesting places to your vacation

Jaja Uli misi Tape

Posted by Wirahadi Bali on May 10, 2013

Jaja Uli misi Tape

Jaja Uli misi Tape

Jaja Uli misi Tape merupakan jajanan yang agak jarang ditemui  dibali. Pembuatannya pun pada hari – hari tertentu atau pada hari raya Hindu seperti galungan. Jaja Uli misi Tape ini  cara membuat nya dibagi 2, yaitu pembuatan Tape dan Uli.
Untuk pembuatan Tape disini bisa menggunakan beras Ketan Putih atau hitam sesuai denga selera. Ketan tadi dicuci bersih, setelah itu di kuskus sampai mateng. Setelah mateng ketan tadi di dinginkan terlebih dahuli sebelum ditaburi ragi tape. Kemudian ketan tadi bisa dibungkus pakai daun yang bersih lalu didiemkan sampai 2 – 3 hari biar ketan tadi menjadi tape. Pada saat pembungkusan harus bebas dari udara bebas dan aroma garam. Karena bisa menyebabkan tidak terjadinya proses pentapean dari ketan tersebut.
Sedangkan untuk pembuatan uli, itu ketan Putih dikuskus sampai mateng, dicampur parutan kelapa. Jikalau mau uli berwarna coklat, pada saat penguskusan di taburi parutan gula merah. Setelah mateng ketan tadi ditumbuk hingga menyatu dan padat. Setelah itu giling sampai membentuk tabung panjang dan iris tipis – tipis. Jaja Uli siap dihidangkan dengan tambahan tape ketan tadi. Jaja Uli ini sangat pas di nikmati bersama – sama pada waktu kumpul keluarga dan sambil minum teh atau kopi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: