WISATA PULAU DEWATA

Discover the most beautiful & interesting places to your vacation

Tuak

Posted by Wirahadi Bali on May 8, 2013

Tuak telah dikenal di Indonesia sejak zaman dahulu kala. Untuk di bali, tuak sudah sering dijumpai disetiap daerah. Tuak adalah bir Bali yang populer di semua wilayahnya. Masih berhubungan dengan kelapa, tuak bali ini dibuat dengan berbahan dasar sari bunga kelapa yang dibuat dengan cara yang sederhana. Ada dua macam tuak yang ada di Bali, yakni tuak manis dan tuak wayah. Namun tuak wayan yang paling banyak diminati warga Bali sendiri karena kebanyakan penduduk Bali. Minuman ini mudah dicari di berbagai tempat di Bali. Perbedaan dua jenis tuak yang ada di Bali, yaitu :

Tuak Wayah

Tuak Wayah

Tuak Wayah, Tuak yang mengandung alkohol ( etil alkohol ), sehingga kalau diminum terlalu banyak dapat menyebabkan mabuk. Walaupun kadar alkoholnya tidak terlalu tinggi dari pada minuman Arak Bali pada umumnya. Salah satu produsen tuak di kabupaten Karangasem adalah di desa Tenganan. Tuak dari desa tenganan dibuat dari nira enau yang dibiarkan secara alami  atau dari pohon kelapa. Pada saat penampungan dipohon enaunya, wadah tempat menampung nira diisi dengan lau yaitu suatu bahan yang dibuat dari sabut kelapa kering dan kulit kayu kutat. Dengan pemberian lau ini warna tuak menjadi kemerahan. Lau juga berperanan sebagai zat pengawet terutama dapat mencegah terjadinya proses fermentasi pada tuak, sehingga tuak tidak cepat menjadi masam.

Tuak Manis

Tuak Manis

Tuak Manis, tuak ini rasanya semanis gula dengan sedikir ada rasa soda saat diminum. Untuk mendapatkan tuak manis agak susah dari pada tuak wayah, karena tuak manis hanya bisa didapatkan pada pagi hari atau tepat pada saat pengambilan dari pohonnya. Tuak Manis ini akan berubah rasanya jika dibiarkan sampai siang dan atau sore hari. Jika dibiarkan terus sampai 3 hari, tingkat keasamannya meningkat, maka tuak manis ini akan menjadi tuak wayah. Tuak manis ini sering di jumpai pada warung – warung tertentu pada makanan khas Bali. Disamping itu tuak digunakan sebagai minuman terutama setelah makan nasi dengan lauk pauk seperti lawar, pada saat upacara keagaman dan upacara adat. Tuak wayah ini biasanya diminum oleh orang dewasa dan wisatawan. Untuk tuak manis aman diminum oleh remaja dan juga Tuak lebih enak dicampur Es batu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: