WISATA PULAU DEWATA

Discover the most beautiful & interesting places to your vacation

Entil

Posted by Wirahadi Bali on May 7, 2013

Entil

Entil

Entil adalah makanan tradisional bali, makanan ini sejenis ketupat yang dibuat dari beras yang dibungkus daun bambu dan biasanya dibuat khusus pada saat Hari Raya Nyepi yang jatuh satu tahun sekali. Tepatnya dibuat pada pagi hari pada hari pengerupukan. Karena proses pembuatan entil ini memakan waktu cukup lama kebanyakan masyarakat memasaknya menggunakan kayu bakar dan kayu yang paling sering di pakai untuk memasak entil adalah kayu dari pohon kopi atau sejenisnya yang memiliki batang kuat, karena kayu jenis ini mengeluarkan kobaran api yang besar dan tahan lama sehingga cocok untuk dipakai memasak yang memerlukan waktu lama.
Dahulu entil dibuat untuk pasokan makanan pada saat hari raya nyepi, maklum pada hari raya nyepi masyarakat tidak boleh menyalakan api dan proses masak – memasak pun dilarang, Sehingga untuk mengantisipasi supaya bisa makan pada saat nyepi dibuatlah entil satu hari sebelum nyepi. Entil merupakan satu-satunya makanan paling tahan lama yang bisa dinikmati dihari raya nyepi. Selain dibuat khusus pada saat Hari Raya Nyepi, entil juga bisa ditemui di pasar – pasar tradisional, makanan yang biasanya dimakan dingin ini merupakan salah satu makanan favorit karena daganganya sangat laris, satu porsi entil biasanya berisi 2 bungkus entil, memakai sayur urap, dan juga serundeng.
Entil merupakan salah satu makanan yang dibungkus dengan daun, tujuanya supaya zat warna hijau pada daun bisa meresap ke entil sehingga entil bisa menjadi berwarna kehijau – hijauan, dan rasanya pun akan menjadi lebih enak. Beras yang sudah dibungkus kemudian dipasang – pasangkan dan diikat dengan tali yang terbuat dari bambu. Proses pembuatan entil hampir sama dengan membuat ketupat tetapi waktu merebusnya lebih lama. Semakin lama direbus hasil yang didapatkan semakin baik. Entil yang baik biasanya tahan tiga sampai empat hari dan tidak cepat basi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: