WISATA PULAU DEWATA

Discover the most beautiful & interesting places to your vacation

Tari Barong Landung

Posted by Wirahadi Bali on May 4, 2013

Tari Barong Landung

Tari Barong Landung

Barong ini mula – mula dipakai untuk mengelabui barisan makhluk halus ganas yang menebar segala bencana penyakit dan mara bahaya ke perkampungan penduduk Bali. Makhluk – makhluk halus tersebut dipercaya sebagai anak buah dan hulubalang Ratu Gede Mecaling yang menyeberangi lautan dari Nusa Penida. Oleh seorang pendeta sakti, kemudian penduduk disarankan untuk membuat patung yang mirip sang majikan, tinggi besar, hitam dan bertaring, dan diberi nama Jero Gede Mecaling, atau Ratu Mecaling. Karena itu masyarakat segera membuat tiruan Jero Gede Mecaling dan mengaraknya berkeliling kampung untuk membuat para makhluk halus itu takut dan menyingkir. Sirnalah segala macam penderitaan yang menghantui penduduk selama ini. Untuk penghormatan kepada tiruan Jero Gede, dibuatlah pasangannya yang biasa dipanggil Jero Luh. Kedua Barong Landung itu sering dihibur, diajak berjalan – jalan dan dibuatkan keramaian supaya bisa menari dan bersenang – senang.
Tinggi Barong Landung itu kira – kira dua kali ukuran manusia. Orang yang memperagakannya mendapat penglihatan melalui celah – celah yang dianyam di bagian perut sang Barong.
Di beberapa tempat di Bali ada juga Barong Landung yang lebih lengkap dari pada yang hanya sepasang saja, tetapi ada yang diberi peran seperti Mantri, Galuh, Limbur dan sebagainya. Mereka dipakai sebagai anggota dalam pementasan yang membawakan lakon Arja ( terutama didaerah Badung ) dan diiringi dengan gamelan Batel.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: