WISATA PULAU DEWATA

Discover the most beautiful & interesting places to your vacation

Tari Barong & Rangda

Posted by Wirahadi Bali on April 30, 2013

Tari Barong & Rangda

Tari Barong & Rangda

Tari Barong adalah seni tari yang menceritakan pertarungan antara kebajikan dan kejahatan. Tokoh utama adalah barong, hewan mistik yang diperankan dua penari pria, seorang memainkan kepala dan kaki depan, seorang lagi jadi kaki belakang dan ekor. Pertarungan metafisik yang tiada akhir antara kebaikan dan kejahatan secara simbolis diperankan terus menerus dari waktu ke waktu oleh dua karakter yang bertentangan, Barong dan Rangda, yang karena dipentaskannya tarian ini bisa memperkuat kekuatan magis tersebut serta menjaga keseimbangan antara kebaikan dan kejahatan.
Tokoh Barong pada tarian ini memang cukup sentral. Kostumnya pun menarik karena dilengkapi dengan beragam pernak – pernik yang meriah. Barong sendiri digambarkan sebagai makhluk perpaduan singa, harimau dan juga lembu. Pada tubuh barong dihiasi dengan ornamen dari kulit, potongan kaca cermin serta dilengkapi dengan bulu – bulu yang terbuat dari serat pandan. Tokoh barong juga dimainkan oleh dua penari sekaligus.
Selain memainkan cerita Pra-Hindu, ada juga beberapa tokoh pendukung lain seperti Kera yang merupakan sahabat Barong, Dewi Kunti, Sadewa serta para pengikut Rangda. Meskipun tarian ini menceritakan tentang pertarungan antara kebatilan dan kejahatan, tarian ini mengandung unsur komedi yang diselipkan di tengah – tengah pertunjukan. Hal itu tercermin dari beberapa gerakan dari Barong dan kera yang mengundang tawa penonton.
Tari barong masih mengandung unsur budaya khas Bali yang amat kental terlebih pada hal – hal yang berbau mistis. Pada pembuatan kostum barong, bahan – bahan diperoleh dari kayu – kayu yang dianggap keramat. Selain itu disela – sela tarian ini juga diselingi Tari Keris yang kerap ditunjukan adegan menusukan keris layaknya pertunjukan Debus dari Banten. Oleh karena itu tidak hanya sebuah tari budaya, tari barong juga sangat disakralkan oleh masyarakat Bali.
Layaknya warisan seni budaya Indonesia lainnya, dibalik keunikan dan keindahannya tari barong juga memiliki makna dan nilai luhur yang mendalam. Pesan bahwa kebatilan akan selalu menang melawan kejahatan tercermin jelas melalui kemenangan Barong melawan Rangda. Hal ini juga sejalan dengan nilai – nilai yang diwariskan para leluhur dan pendahulu bangsa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: