WISATA PULAU DEWATA

Discover the most beautiful & interesting places to your vacation

Wisata Agro Pelaga

Posted by Wirahadi Bali on April 25, 2013

Wisata Agro Pelaga

Wisata Agro Pelaga

Kawasan Wisata Agro Pelaga terletak diperbukitan, Tepatnya berada di Desa Petang, kecamatan Plaga sebelah utara Kabupaten Badung. Kawasan ini menawarkan wisata agro yaitu kegiatan wisata dimana tamanan menjadi objeknya mulai dari pembibitan, penanaman, perawatan hingga pemetikan, berbagai macam bentuk tanaman ada disini, mulai dari aneka bunga, sayur – sayuran dan buah – buahan. Selain itu juga, kawasan ini mempunyai pemandangan yang indah dan alami dengan udara pegunungan yang menyegarkan.
Keindahan alam kawasan ini telah dikenal sejak jaman dahulu. Terbukti dengan terdapatnya sebuah pesanggrahan yang dibangun oleh pemerintah Hindia Belanda di lokasi ini. Pesanggrahan tersebut saat ini telah kembali direnovasi oleh Pemerintah Kabupaten Badung dan tetap menjadi tempat peristirahatan bagi orang yang datang. Kawasan wisata agro pelaga ini luasnya kira – kira 18 hektar. Sistim perkebunan disini menggunakan sistem tetes untuk pengairannya, berbeda dengan sistem Subak yang digunakan untuk pertanian tradisional Bali. Sistem tetes memungkinkan untuk mengatur aliran air dengan lebih efektif dan lebih efisien, yang sangat cocok untuk perkebunan. Di kawasan wisata agro ini, baik ternak unggas, sapi, maupun ikan juga dikembangkan.
Dengan dijadikannya kawasan wisata agro di Desa Petang Kabupaten Badung ini, diharapkan penduduk yang bermata pencarian sebagai petani dapat bekerja sama dalam melakukan pengembangan dan mendapatkan income, baik di sektor pertanian maupun kepariwisataan. Fasilitas rekreasi yang terdapat di kawasan wisata agro Pelaga  antara lain adalah;

  • Hiking, Pengunjung dapat berjalan kaki ( hiking ) di dalam kawasan agro sambil menikmati pemandangan berbagai macam sayuran, buah, bunga, ternak dan kolam ikan. Setelah itu pengunjung dapat beristirahat di saung – saung yang disediakan sambil menikmati makanan atau minuman yang dipesan.
  • Tour mengelilingi properti dengan buggy, tour ini menggunakan buggy yang tidak berisik. Selama perjalanan, petugas agro menjelaskan mengenai tanaman yang dibudidayakan di sekitar areal agro.
  • Cycling, dapat dilakukan luar kawasan agro, yakni di sekitar Desa Tihingan di sebelah barat kawasan Bagus Agro Pelaga, dimana terdapat jalan aspal berliku – liku, perkampungan, pertanian yang menyajikan pemandangan indah.
  • Bird watching, berbagai burung juga hidup di sana, jadi selain menikmati pemandangan alam sekitar tamu juga dapat menonton burung – burung bernyanyi. Kegiatan ini terutama dapat dilakukan pada waktu subuh.
  • Children playground, disediakan bagi pengunjung yang datang dengan putra – putrinya. Tempat bermain anak – anak dibuat sedemikian rupa sehingga anak – anak bisa lebih dekat dengan alam, misalnya bermain petak umpet di sela – sela pepohonan.

Desa Pelaga juga menjadi jalur alternatif dari Denpasar menuju Batur dengan melewati Objek Wisata Sangeh, persawahan yang indah, jalan pedesaan yang masih asri. Pelaga juga sangat menarik untuk kegiatan pendakian bukit dengan garis start nya di Pura Penataran Pucak Mangu melewati beberapa pura kecil, sawah, ladang, hutan dan berakhir di Danau Beratan, Bedugul. Pura Penataran Pucak Mangu ini memang sangat menarik karena menyajikan pemandangan perbukitan dan persawahan yang sangat indah dan natural.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: