WISATA PULAU DEWATA

Discover the most beautiful & interesting places to your vacation

Taman Budaya Art Centre

Posted by Wirahadi Bali on April 25, 2013

Taman Budaya Art Centre

Taman Budaya Art Centre

Taman Budaya atau Werdhi Budaya merupakan pusat pelestarian, pembinaan dan pengembangan seni budaya Bali. Taman Budaya ini terletak di jalan Nusa Indah, Denpasar – Bali. Taman Budaya atau Werdhi Budaya lebih populer disebut Art Centre yang diprakarsai oleh Prof. DR. Ida Bagus Mantra, yang saat itu menjabat Direktur Jenderal Kebudayaan. Taman Budaya ini diresmikan dan dibuka untuk umum pada tahun 1973 dengan bentuk bangunan yang berarsitektur tradisional Bali.
Kawasan ini berfungsi sebagai pusat seni budaya Bali yang dipergunakan oleh para seniman untuk mempertunjukkan hasil karyanya. Dari seluruh bangunannya menceritakan Pemutaran Gunung Mandara Giri di lautan susu atau di samudera Manthana, yang mengisahkan para Dewa dan para Daitya mencari. Tirtha Amertha yaitu air kehidupan abadi dengan jalan memutar Gunung Mandara di lautan susu atau Ksirarnawa. Mandara Giri disanggah oleh seekor Bedawang Nala yang bernama Akupa yang dililit seekor naga yaitu naga Basuki. Dewa Siwa duduk di bagian atas gunung dengan maksud agar gunung tersebut tidak sampai oleng dan jatuh. Para dewa berpegangan dekat ekor naga sedangkan para daitya berpegangan dekat kepala naga. Setelah gunung tersebut diputar dengan sangat kuat maka akhirnya berturut – turut keluar Ardha Candra ( Bulan Sabit ), Dewi Sri dan Dewi Laksmi, Kuda Uncaisrawah ( kuda terbang ), Kastuba Mani ( pohon yang membahagiakan ), Dewi Danu Antari membawa Tirtha Amertha. Makna dari kisah ini adalah dengan bekerja keras dan pantang menyerah kita akan mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang kita harapkan.
Beberapa bangunan yang terdapat di taman budaya ini adalah panggung terbuka Ardha Candra yang dapat menampung 6.000 penonton dan seringkali digunakan tempat pementasan seni kolosal. Panggung tertutup Ksirarnawa dan gedung pameran tetap Mandara Giri. Selain itu terdapat juga wantilan dan beberapa stage kecil – kecil lainnya. Pada hari – hari biasa pengunjung yang datang relatif sepi dan hanya ramai bilamana ada pameran lukisan, eksebisi tari atau drama, dan pertunjukkan seni budaya lainnya.
Aktivitas yang diselenggarakan di Taman Budaya ini secara regular atau rutin setiap tahunnya yaitu Pesta Kesenian Bali ( PKB ), yang pada hari pembukaannya diadakan Parade Seni Budaya yang diikuti oleh wakil dari masing – masing kabupaten dan pemerintahan kota seluruh Bali, bahkan ada juga beberapa kelompok seni dari luar negeri seperti Jepang, Korea, India, dan lainnya yang datang ikut memeriahkan. Bentuk susunan komplek bangunan yang ada di Art Centre Bali ini terdiri dari:

  • Komplek bangunan suci meliputi : Pura Taman Beji, Bale Selonding, Bale Pepaosan, dan lain – lain.
  • Komplek bangunan tenang meliputi : Perpustakaan Widya Kusuma, dimana ditempat ini tersimpan buku buku tentang sejarah Bali.
  • Komplek bangunan setengah ramai meliputi : Gedung Pameran Mahudara, Gedung Kriya, Studio Patung, Wisma Seni dan Wantilan tempat ini merupakan aula tempat pameran seni Bali.
  • Komplek bangunan ramai meliputi : Panggung Terbuka Ardha Candra dan Panggung tertutup Ksirarnawa ( keduanya berada di selatan Sungai ).

Pesta kesenian ini akan ramai dikunjungi ribuan masyarakat dan juga turis – turis karena pertunjukkannya dilaksanakan dari pagi hingga malam hari. Biasanya Pesta Kesenian Bali dibuka oleh Presiden Republik Indonesia dan diselenggarakan pada bulan Juni hingga bulan Juli. Biasanya Pentas Kesenian Bali ini pentas seni ini diadakan 1 bulan penuh, sehingga bagi anda yang menyaksikan bener – benar terpesona dengan adat kebudayaan Bali yang tetap lestari sampai saat ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: