WISATA PULAU DEWATA

Discover the most beautiful & interesting places to your vacation

Puri Pemecutan

Posted by Wirahadi Bali on April 25, 2013

Puri Pemecutan

Puri Pemecutan

Puri Pemecutan Pada masa sebelum kemerdekaan, Bali merupakan daerah yang terdiri dari beberapa kerajaan di dalamnya. Untuk mengendalikan kekuasaan yang berada di wilayahnya raja – raja tersebut membangun istana atau puri sebagai pusat pemerintahan sekaligus tempat tinggal bagi keluarganya. Dari sekian banyak puri yang ada dan berdiri megah dan kokoh yang masih ada sampai sekarang ini salah satunya adalah Puri Pemecutan yang terletak di Jalan Thamrin No.2 Kota Denpasar.
Puri Pemecutan merupakan bangunan bersejarah yang patut dilestarikan karena puri ini banyak menyimpan cerita baik itu yang berasal dari jaman kerajaan hingga usai perang kemerdekaan. Saat ini Puri pemecutan masih menjadi tempat tinggal Raja Ida Cokorda Pemecutan beserta keluarga dan dijadikan sebagai salah satu objek wisata budaya yang terdapat di Kota Denpasar.
Adapun keunikan dan daya tarik puri ini terletak pada bangunan yang bergaya arsitektur tradisional Bali, di halaman puri ini terdapat dua patung kuda yang berada diantara tembok pekarangan dan garasi mobil – mobil tua koleksi dari anggota keluarga Puri Pemecutan.
Selain itu di pekarangan ini juga anda akan melihat beberapa koleksi bintang seperti : burung merak, kakatua jambul putih, rusa serta monyet yang sengaja dipelihara untuk menambah daya tarik dari Puri Pemecutan ini. Saat memasuki Puri anda akan melihat patung dewa siwa dan patung bayi, selain beberapa patung lainnya yang begitu eksotik sehingga menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan yang datang. Di tempat ini juga terdapat seperangkat alat musik tradisional Bali dan tempat persembahyangan yang disebut dengan “pemerajaan agung”.
Puri Pemecutan dibangun sekitar abad ke-16 yang difungsikan sebagai pusat pengendalian daerah Pemecutan pada saat itu. Puri Pemecutan telah menjadi satu bukti betapa santunnya masyarakat Bali terhadap warisan peninggalan leluhurnya. Sungguh suatu objek wisata yang menarik bila anda berkunjung ke Bali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: