WISATA PULAU DEWATA

Discover the most beautiful & interesting places to your vacation

Pura Tambangan

Posted by Wirahadi Bali on April 25, 2013

Pura Tambangan

Pura Tambangan

Seperti namanya pulau Dewata, Bali memang tempat para dewa yang beristanakan pura, dimana seperti kita ketahui begitu banyak keagungan pura terdapat di propinsi ini. Dari sekian banyak pura yang ada, satu diantaranya adalah Pura Tambangan yang terletak di Jalan Gunung Batur, Desa Pemecutan, Denpasar Barat.
Pura Tambangan merupakan pura kahyangan jagat tiga, Dewa yang dipuja di pura ini adalah Dewa Siwa sebagai manifestasi Sang Hyang Widhi ( Tuhan Yang Maha Esa ). Pura Tambangan mempunyai sejarah yang menarik dan merupakan salah satu pura tua yang berkonsep “Tri mandala”  sama halnya dengan pura lain yang ada di Bali.
Di bagian Nista Mandala terdapat terdapat dua buah meriam tua yang berada dikanan – kiri yang dinamakan Gora dan Gori, di Madya Mandala terdapat sebuah bangunan terbuka yang berfungsi sebagai tempat pertemuan ( wantilan ). Saat akan memasuki Utama mandala akan terlihat sebuah candi kurung, Candi ini sangat unik karena dihiasi dengan dua buah arca yang berada dikanan – kirinya, kedua arca ini disebut dengan arca Jaksa dan Jaksi.
Sementara itu di Utama Mandala terdapat banyak pelinggih yang tersusun rapi sesuai dengan fungsinya masing – masing. Pada halaman ini terdapat dua pemedalan yaitu, pemedalan untuk memuja Dewa Siwa yang berada disebelah timur dan pemedalan Bhatari Durga disebelah barat. Pada mandala ini juga dilengkapi dengan pesanggrahan agung dan beberapa bale pelengkap. Tradisi unik yang sering dilakukan di pura ini adalah pementasan Tari Baris Tangklong pada saat penampahan Galungan serta Siyat Sampian yang dilakukan  saat hari raya Kuningan. Tradisi ini bertujuan untuk  membersihkan mala dan menamankan jiwa ksatria.
Sampai saat ini belum diketahui dengan pasti kapan pura ini dibuat, namun kabarnya pura ini sudah ada sebelum anglurah pemecutan pertama berkuasa. Banyaknya pura di Bali merupakan suatu bukti adanya keselarasan antara manusia, alam dan Sang Pencipta, dimana masyarakat Pulau Dewata ini masih menjunjung tinggi tradisi, adat istiadat dan budaya yang telah diwariskan oleh leluhur mereka.

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
%d bloggers like this: