WISATA PULAU DEWATA

Discover the most beautiful & interesting places to your vacation

Pura Sada Kapal

Posted by Wirahadi Bali on April 25, 2013

Pura Sada Kapal

Pura Sada Kapal

Pura Sada Kapal terletak di Banjar Pemebetan kelurahan Kapal, Mengwi kabupaten Badung. Pura Sada Kapal memiliki ciri khas tersendiri yaitu terdapat prasada dan candi bentar dan merupakan salah satu pura kahyangan jagat. Pura Sada Kapal ini di bangun sebagai tempat pemujaan kepada  Dewa Bhrahma, Wisnu dan Siwa, selain itu juga pura ini dipergunakan untuk mempersatukan berbagai golongan Hindu yang ada di Bali.
Pura ini digunakan saat Purnama tilem ( bulan mati ), Kajeng Kliwon,  Odalan, Kuningan dan Galungan. Pura Sada Kapal berada di atas lahan seluas kurang lebih 60 are, diakui sebagai situs cagar budaya yang mesti dilindungi dan merupakan peninggalan arkeologi. Pura ini di bangun oleh Raja Mengwi sekitar abad ke-18 masehi untuk menghormati leluhur keluarga kerajaan ( Prabu Jayengrat ), di era ke kejayan Majapahit. Pura ini sempat hancur saat gempa bumi tahun 1917.
Akibat gempa tersebut bangunan sempat mengalami kerusakan yang berat, tinggal dasarnya saja. Pada tahun 1949, prasada itu dibangun kembali. Prasada di pura Sada Kapal berbentuk pejal bertingkat – tingkat seperti limas berundak, tinggi Prasada mencapai 16 meter dengan atapnya bertingkat sebelas. Ada bagian atas pura terdapat arca Dewata Nawa Sanga, pada atap pertama terdapat arca Dewa. Sedangkan arca Siwa diletakkan pada atap kedua di arah barat di atas arca Mahadewa.
Seperti halnya Pura – pura yang ada di Bali, pura ini juga memiliki Tri Mandala yaitu utamaning mandala ( jeroan ), madianing utama ( halaman tengah ) dan nistaning mandala ( jaba sisi ). Di antara halaman tengah dan halaman utama terdapat candi kurung sedangkan antara halaman tengah dengan jaba sisi terdapat candi bentar. Di pekarangan pura terdapat 54 kursi batu, kursi batu tersebut dibuat sebagai tugu peringatan kepada pejuang yang tewas dalam medan pertempuran. Selain itu di pura ini terdapat juga sebuah prasasti dari lempengan tembaga yang dibuat 1113 – 1150 masehi.
Bila anda datang ke Bali, jangan lupa untuk berkunjung ke Pura Sada Kapal ini, banyak hal – hal menarik yang tidak akan anda temukan ditempat manapun selain disini, di Bali pulaunya para Dewata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: