WISATA PULAU DEWATA

Discover the most beautiful & interesting places to your vacation

Pura Pengerobokan

Posted by Wirahadi Bali on April 24, 2013

Pura Pengerobokan

Pura Pengerobokan

Beribu pura di Bali menyimpan berbagai keunikan menjadikan pulau Dewata ini patut dikunjungi. Untuk lebih mengetahui keunikan tersebut anda bisa datang ke Pura Pengerobokan Kesiman yang terletak di Desa Kesiman, Kecamatan Denpasar Timur, Bali. Pura Pengerobokan Kesiman sama halnya dengan pura lain yang ada di Bali, yaitu berkonsep “tri mandala” ( nista mandala, madya mandala dan utama mandala ), namun pada bagian nista mandala, utama mandala serta utama mandala tidak ada tembok penyengker atau tembok pemisah. Balai begongan, maupun bale panjang yang biasanya berada di madya mandala, dipura ini terlihat menyatu dengan nista mandala yang membedakan hanya terletaknya saja yang berada disebelah barat, dekat pintu masuk.
Pada utama mandala  terdapat tiga bangunan yaitu : gedong pengerod, gedong dalem dan gedong desa. Gedong pengerod merupakan pelinggih atau tempat pemujaan bagi Ida Bhatara Pura Sanak Amanca, gedong dalem disebut juga balai pastila adalah pelinggih tempat pemujaan bagi Ida Dalem Kesiman dan puri kesiman, dan yang terakhir yaitu gedong desa merupakan tempat pemujaan atau pelinggih bagi Betara – Betari yang berasal dari masing – masing khayangan desa kesiman.
Tradisi unik di pura ini adalah saat melakukan upacara pangrebongan yaitu suatu prosesi upacara kerasukan dalam jumlah besar warga yang diikuti oleh pepatih dan pemangku pura se-pakraman kesiman. Upacara ini dilakukan tepat 8 hari setelah hari Raya Kuningan.
Pura Pengerobokan Kesiman diperkirakan dibuat oleh Raja Dinasti Pemecutan yang bergelar Naraya Ngurah Kesiman  yang menjadi Raja dari tahun 1785 sampai dengan 1820 M, sebagai antisipasi keadaan alam saat itu untuk melakukan pemujaan terhadap Sang hyang Widhi dan pemugaran total pura ini dilakukan tahun 1937.
Sangatlah tepat kiranya jika Bali tetap menjadi tujuan wisata utama jika anda ingin berlibur, karena Bali banyak menyimpan keindahan dan keunikan yang tidak akan pernah anda lupakan jika anda datang mengunjunginya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: