WISATA PULAU DEWATA

Discover the most beautiful & interesting places to your vacation

Pura Agung Jagatnatha

Posted by Wirahadi Bali on April 24, 2013

Pura Agung Jagatnatha

Pura Agung Jagatnatha

Bila berkunjung ke Bali anda akan melihat berbagai objek wisata yang menarik di pulau dewata ini, salah satu objek wisata tersebut terdapat di kota Denpasar. Objek wisata itu adalah Pura Agung Jagatnatha yang berada di Jalan Mayor Wisnu, yang merupakan pura terbesar kota Denpasar. Lokasi Pura Agung Jagatnatha sangat mudah di jangkau karena tempatnya yang strategis, tepat di sebelah pura ini terdapat Museum Bali, sedangkan pada bagian sebelah timur terdapat Lapangan Puputan Badung.
Pura Agung Jagatnatha ini dibangun pada tahun 1953 seperti kebanyakan pura di Bali posisi bangunan menghadap ke barat, gunung Agung, umat Hindu di Bali percaya bahwa di puncak gunung tersebut terdapat istana para dewa. Pura ini buat sebagai tempat pemujaan kepada Hyang Widhi Wasa ( Tuhan Yang Maha Esa ) sebagai ungkapan rasa syukur karena telah menciptakan alam semesta beserta isinya.
Pura Agung Jagatnatha kalau dilihat dari bentuknya adalah jenis pura penyungsungan jagat, awal mula kenapa didirikannya pura ini karena banyaknya para pendatang dari berbagai desa di Bali saat berada di Denpasar tidak mempunyai tempat sembahyang maka dibangun pura ini.
Bentuk Pura Agung Jagatnatha dirancang sangat indah penuh dengan ornamen yang religius dan artistik, ditengah area pura terdapat menara yang menjulang tinggi yang dinamakan padmasana ( Padmasana adalah bentuk bangunan yang bertingkat tingkat dibuat untuk singgasana atau istana para dewa ).
Padmasana pada pura ini terbuat dari batu karang putih, pada bagian menara terdapat ukiran wajah dan tangan bhoma ( anak bumi ) yang dipercaya dapat mengusir roh jahat agar tidak mengganggu pura, saat akan memasuki area dalam pura terdapat jembatan dengan ukiran bunga teratai dan katak.
Pada sekeliling dinding Pura Agung Jagatnatha ini terdapat relief ilustrasi kisah Ramayana dan Perang Bratayuda yang terkenal dalam kisah pewayangan. Pura Agung Jagatnatha merupakan Pura Kahyangan bagi para kaum pendatang dalam artian dapat nunas tirta bagi segala keperluan upacara Panca Yadnya. Saat ini Pura Jagatnatha buka 24 jam, diperuntukan bagi siapa saja yang mau melakukan sembahyang.
Pada saat bulan purnama banyak orang datang berdoa di pura ini. Pada bulan tertentu ( purnama dan tilem ), sering diadakan Festival wayang kulit dengan berbagai kisah, antara lain kisah Ramayana dan perang Bratayuda yang terkenal itu. Bagi Anda yang akan datang ke Bali, tidak lengkap rasanya bila tidak berkunjung ke Pura Agung Jagatnatha, karena bentuk pura ini tidak terdapat di tempat lain, jadi jangan dilewatkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: