WISATA PULAU DEWATA

Discover the most beautiful & interesting places to your vacation

Penangkaran Penyu Deluang Sari

Posted by Wirahadi Bali on April 24, 2013

Penangkaran Penyu Deluang Sari

Penangkaran Penyu Deluang Sari

Penangkaran Penyu Deluang Sari berada di sebuah delta kecil berhadapan dengan pusat rekreasi laut Tanjung Benoa. Terletak di kelurahan Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kebupaten Badung. Deluang Sari merupakan tempat penangkaran penyu laut yang ada di Pulau Bali.
Terdapat kolam atau bak penampungan yang disediakan untuk merawat penyu mulai dari baru menetas sampai yang telah menjadi dewasa. Penyu disini ada yang berumur sampai tujuh puluh tahun. Wisatawan yang datang kesini dapat langsung memegang, memberi makan, berfoto ataupun masuk ke area kolam penangkaran dan bermain dengan penyu – penyu tersebut. Selain melihat tempat penangkaran penyu, wisatawan juga bisa melihat berbagai jenis ayam aduan, kelewar, iguana, rubah dan burung – burung liar yang terdapat dalam sangkar di Deluang Sari ini.
Awal mula area ini dijadikan tempat penangkaran dikarenakan penyu merupakan hewan yang dilindungi dan tidak memiliki lagi habitat tempat untuk berkembang biak di tambah lagi dengan makin maraknya perdagangan daging penyu oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab.
Untuk melestarikan penyu – penyu tersebut lewat swadaya masyarakat Tanjung Benoa dibantu oleh World Wildife Fund (WWF) serta Pemda, dipilihlah lokasi ini sebagai setempat penangkaran karena memiliki sistem ekologi yang utuh, pantainya yang bersih, berpasir dan landai jadi sangat cocok untuk penyu bertelur. Bila anda datang ke Bali, tempat Penangkaran Deluang Sari bisa dijadikan salah tempat yang harus anda kunjungi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: