WISATA PULAU DEWATA

Discover the most beautiful & interesting places to your vacation

Patung Catur Muka

Posted by Wirahadi Bali on April 24, 2013

Patung Catur Muka

Patung Catur Muka

Patung Catur Muka adalah patung yang berdiri di persimpangan jalan di depan kantor Walikota Denpasar – Bali ( tepat di Perempatan Agung Denpasar ), antara jalan Gajah mada, Surapati, Udayana dan Jalan Veteran. Dalam bahasa Bali, Catur artinya empat dan Muka artinya wajah, jadi bila dijabarkan bermakna empat wajah. Patung Catur Muka ini adalah penggambaran Dewa Brahma Sang Pencipta. Posisi Patung Catur Muka ini menghadap ke empat penjuru mata angin.
Patung Catur muka ini didirikan tahun 1973. Patung ini dibuat oleh salah seorang pengerajin seniman lokal Bali yang terkenal I Gusti Nyoman Lempad dari Desa Ubud. Patung Catur Muka ini terbuat dari batu granit besar setinggi 9 meter. Patung Catur Muka yang berstana bunga padma ( lotus ) menunjukkan bahwa Brahma adalah asal mula dari kenyataan yang tidak terbatas. Padma melambangkan alam semesta dan kesucian. Disebutkan pula bahwa empat wajah merupakan simbolisasi kekuasaan Tuhan.
Wajah pertama menandakan fakta bahwa Tuhan itu maha besar. Wajah kedua menandakan bahwa Tuhan adalah Raja dari raja – raja dunia ini dan berikutnya. Wajah ketiga menandakan bahwa Tuhan adalah tak kenal lelah dan tidak pernah berhenti bekerja dan wajah keempat Tuhan itu menciptakan bumi beserta isinya. Patung ini menjadi pusat aktivitas masyarakat Denpasar seperti berbagai acara dan festival, festival paling terkenal yang diadakan di tempat ini adalah Denpasar Festival. Sedikit gambaran dan cerita tentang Dewa Brahma. Ciri – ciri umum yang dimiliki Dewa Brahma yakni :

  • Bermuka empat yang memandang ke empat penjuru mata angin ( catur muka ), yang mana pada masing – masing wajah mengumandangkan salah satu dari empat Weda.
  • Bertangan empat, dengan masing – masing tangan membawa : Teratai, kadangkala sendok ( Brahma terkenal sebagai Dewa yadnya atau upacara ), Weda / kitab suci, Kendi / teko / tempat air, dan Genitri

Patung Catur Muka ini berdiri dengan kokoh di pusat kota dan memancarkan kesucian ke seluruh jagat raya Denpasar Bali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: