WISATA PULAU DEWATA

Discover the most beautiful & interesting places to your vacation

Museum Shell

Posted by Wirahadi Bali on April 23, 2013

Museum Shell

Museum Shell

Sebagai salah satu Daerah Tujuan Wisata  terbaik dunia, Bali juga memiliki potensi untuk wisata edukasi. Hal ini terlihat dengan banyaknya museum, baik itu museum lukisan, seni rupa, peninggalan bersejarah dan yang tidak kalah menarik adalah hadirnya Museum Shell Bali atau di kenal dengan nama Fantasea Bali yang terletak di jalan Sunset Road, Kuta.
Museum Shell Bali merupakan Museum Kerang pertama di Indonesia, dimana didalamnya terdapat sekitar 10 ribu koleksi aneka kerang dan fosil dari berbagai negara yang berusia antara 100 hingga 500 juta tahun berasal dari zaman prasejarah. Museum kerang ini terdiri dari tiga lantai. Lantai satu memajang aneka kerang yang sudah diolah menjadi hiasan rumah, sedangkan di lantai dua dan tiga menyimpan koleksi kerang dan fosil kerang.
Di lantai dua terdapat fosil kerang yang mirip cumi – cumi, yang disebut Orthoceras dan diperkirakan berusia 395 juta tahun. Selain itu terdapat juga fosil kerang mirip tumbuhan bunga yang disebut Crinoid, yang berumur sekitar 440 juta tahun, serta fosil kerang yang ditetapkan sebagai kerang terbesar di Asia yang disebut Crinions. Fosil ini berdiameter 1,4 meter dengan berat 170 kilogram.
Sedangkan di lantai tiga, anda dapat melihat kerang berkilau yang disebut Cypraea Moneta. Konon kabarnya pada zaman dulu kerang jenis ini pernah berfungsi sebagai alat pembayaran yang sah. Museum Shell berdiri pada bulan September 2009 atas keinginan seorang kolektor kerang asal Surabaya, Indonesia yang bernama Oentoeng Sutanto yang sangat tertarik pada keindahan kerang.
Ternyata Kerang tidak hanya sebagai penghasil mutiara, namun kulit kerang juga dapat memancarkan pesona yang luar biasa sehingga mampu menarik perhatian kolektor serta penikmat seni karena berbeda dari benda seni lainnya, dan museum kerang ini bisa dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata bila anda berkunjung di Bali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: