WISATA PULAU DEWATA

Discover the most beautiful & interesting places to your vacation

Monumen Puputan Badung

Posted by Wirahadi Bali on April 22, 2013

Monumen Puputan Badung

Monumen Puputan Badung

Monumen Puputan Badung yang sekarang terkenal dengan nama Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung terletak di jantung kota Denpasar di depan Museum Bali. Monumen ini berada di sisi utara Lapangan Puputan yang dulu merupakan medan pertempuran saat terjadi Perang Puputan Badung pada tahun 1906 ketika Belanda menyerbu Denpasar.
Kata puputan berarti habis – habisan. Jadi monumen ini adalah sebagai bentuk peringatan dan penghormatan kepada rakyat Bali yang melakukan perang habis – habisan melawan Belanda untuk membela kehormatan dan harga diri. Saat itu, tak kurang dari empat ribu orang termasuk keluarga raja Denpasar tewas. Kini monumen Puputan Badung menjadi saksi bisu dari kegiatan rekreasi masyarakat kota Denpasar yang setiap sore memadati Lapangan Puputan.
Nama lapangan Puputan Badung menjadi Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung sebagai suatu kehormatan untuk mengenang kepahlawanan I Gusti Ngurah Made Agung yang pejuang membela tanah air. Dimana I Gusti Ngurah Made Agung adalah raja Badung VII yang memerintah tahun 1902 – 1906 sebagai tokoh sentral yang dalam peristiwa heroik Puputan Badung 1906 melawan kolonial Belanda yang gugur demi mempertahankan kedaulatan tanah air ( Badung ) dalam bingkai nusantara, merupakan rangkaian perjuangan dalam merintis kemerdekaan Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: