WISATA PULAU DEWATA

Discover the most beautiful & interesting places to your vacation

Monumen Bom Bali

Posted by Wirahadi Bali on April 22, 2013

Monumen Bom Bali

Monumen Bom Bali

Monumen Bom Bali dikenal juga dengan nama Monumen Ground Zero dan terletak di Jalan Legian, Kuta yang merupakan kawasan yang ramai oleh wisatawan terutama mancanegara, di mana sepanjang jalan itu terdapat banyak cafe, club, dan toko – toko, serta tempat – tempat untuk menginap. Monumen ini sangat mudah untuk dicapai karena selain berada di tempat yang ramai dikunjungi wisatawan, juga merupakan kawasan atau salah satu jalur yang dilewati oleh setiap wisatawan yang ingin ke Pantai Kuta. Sehingga Monumen Bom Bali setiap harinya ramai dikunjungi baik oleh wisatawan maupun orang yang berlalu – lalang untuk mengenang para korban. Bilamana mengunjungi monumen tersebut, di dalamnya tertera nama dan beberapa photo dari para korban yang berjumlah 202 orang. Monumen Bom Bali dibangun untuk menghormati nilai – nilai kemanusiaan terutama para korban.
Monumen “Ground Zero” merupakan monumen yang dibangun dengan tujuan untuk mengenang 202 korban ledakan bom di Sari Club dan Paddy’s Cafe di Jalan Legian, 12 Oktober 2002. Monumen ini mulai dibangun atas gagasan Nyoman Rudana ( Ketua dari PUTRI Persatuan Tourist Attraction Indonesia Bali ), yang menganjurkan agar didirikan sebuah monumen pada lokasi pemboman ( dikenal sebagai lokasi “Ground Zero” ). Setelah peristiwa pemboman itu terjadi, mulailah monumen tersebut dibangun dan selesai pada tahun 2003 dengan diberi nama “Monumen Panca Benua“. Setahun kemudian, monumen ini baru diresmikan yaitu pada tanggal 12 Oktober 2004 oleh Kepala Bupati Kabupaten Badung, Anak Agung Ngurah Oka Ratmadi dengan diberi nama “Monumen Tragedi Kemanusiaan Peledakan Bom 12 Oktober 2002“.
Namun beberapa hari sebelum peresmiannya, yaitu pada tanggal 8 Oktober diadakan upacara ritual Hindu ( upacara Mecaru dan Melaspas ) yang bertujuan untuk membersihkan dan menyucikan. Upacara berlangsung di lokasi peledakan bom ( Ground Zero ) yang terletak di antara Sari Club dan Paddy’s Pub di Jalan Legian, Kuta. Upacara dipimpin oleh 2 pendeta Hindu, yakni Ida Pedanda Gede Putra Telapah dan Ida Pedanda Budha Gede Ketut Griya. Turut hadir pula Kepala Bupati Kabupaten Badung, Anak Agung Ngurah Oka Ratmadi, beserta tokoh masyarakat Kuta. Upacara itu mendapat perhatian dari masyarakat Kuta dan wisatawan yang kebetulan melewati monumen.
Peristiwa Bom Bali terjadi tepat 1 tahun, 1 bulan dan 1 hari setelah Serangan Teroris 11 September 2001, menara World Trade Centre di kota New York, Amerika Serikat. Bom Bali terjadi pada malam hari tanggal 12 Oktober 2002 di Jalan Legian, Kecamatan Kuta dengan menewaskan 202 orang dan mencederai 209 orang, yang kebanyakan adalah wisatawan mancanegara. Kejadian tersebut merupakan peristiwa terorisme paling parah dalam catatan sejarah Indonesia.
Kewarganegaraan para korban berdasarkan data sebagai berikut : Australia 88 orang, Indonesia 38 orang ( kebanyakan warga Bali ), Inggris 26 orang, Amerika Serikat 7 orang, Jerman 6 orang, Swedia 5 orang, Belanda 4 orang, Perancis 4 orang, Denmark 3 orang, Selandia Baru 3 orang, Swiss 3 orang, Brasil 2 orang, Kanada 2 orang, Jepang 2 orang, Afrika Selatan 2 orang, Korea Selatan 2 orang, Ekuador 1 orang, Yunani 1 orang, Italia 1 orang, Polandia 1 orang, Portugal 1 orang, dan Taiwan 1 orang.
Ledakan bom yang sangat dahsyat tersebut juga mengakibatkan kehancuran dan kerusakan bangunan – bangunan maupun kendaraan dalam radius satu kilometer. Sejak tragedi ini industri pariwisata sebagai tulang punggung perekonomian Bali mengalami keterpurukan yang paling serius sepanjang sejarah, namun berkat kegigihan seluruh lapisan masyarakat maupun pemerintah kini secara perlahan namun pasti telah mengalami pemulihan.
Monumen ini dibangun di area bekas ledakan ( Ground Zero ) dan bagian yang paling menonjol  dari monumen ini adalah “Kayonan” dengan bentuk daun kayu besar berwarna putih sebagai perlambang alam semesta beserta isinya. Pada bagian bawah kayonan ini terdapat prasasti yang mencantumkan daftar nama semua korban meninggal beserta kebangsaannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: