WISATA PULAU DEWATA

Discover the most beautiful & interesting places to your vacation

Jembatan Tukad Bangkung

Posted by Wirahadi Bali on April 21, 2013

Jembatan Tukad Bangkung

Jembatan Tukad Bangkung

Bali memiliki berbagai objek wisata menarik dan menawan, sehingga tidak jarang para wisatawan yang pernah berkunjung ke pulau dewata ini ingin datang kembali. Dari sekian banyak objek wisata di Bali salah satunya adalah Jembatan tukad Bangkung terletak di Desa Pelaga, kecamatan Petang, Kabupaten Badung.
Jembatan Tukad Bangkung ini merupakan salah satu objek daya tarik wisata khusus ( ODTWK ) yang terdapat di Kabaupaten Badung dan merupakan jembatan terpanjang di Bali yang di klaim sebagai tertinggi di Asia. Jembatan ini menghubungkan dua bukit diketinggian sehingga terlihat begitu menakjubkan. Dengan dibangunnya jembatan ini tiga kabupaten Badung, Bangli dan Buleleng sudah dapat terhubung dan dilalui dengan nyaman dan sekaligus memangkas jarak dari jembatan lama sepanjang 6 km.
Dari atas Jembatan ini pengunjung yang datang dapat menyaksikan pemandangan alam yang menawan, dengan panorama lembah dan perbukitan hijau serta udara yang dingin menyegarkan, ditambah lagi dibawah jembatan terdapat sungai yang berkelok – kelok, airnya yang bening mengalir menjadi nilai tambah dari keindahan tempat ini. Pada saat liburan atau hari raya tertentu seperti Galungan dan Kuningan, banyak pengunjung yang datang kesini bersama keluarga dan teman untuk menikmati suasana alam disekitar Jembatan Tukad Bangkung ini.
Awal mula Pemda Badung menjadikan jembatan ini sebagai salah satu objek wisata setelah melihat minat masyarakat yang sering datang dan memadati lokasi jembatan pada saat liburan atau hari besar, sementara pembangunan Jembatan Tukad Bangkung sendiri dimulai tahun 2001 dan diresmikan penggunaannya pada tanggal 28 April 2007 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhiyono.
Panjang Jembatan 360 meter, lebar 9,6 meter, dengan pilar tertinggi mencapai 71,14 meter dan pondasi pilar 41 meter di bawah tanah. Jembatan ini berteknologi balanced cantilever dengan Konstruksi diperkirakan tahan terhadap gempa hingga 7 skala Richter dan estimasi usia pakai selama 100 tahun. Bila anda datang ke Bali dan ingin pemandangan alam yang indah dan asri datanglah ke objek wisata ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: