WISATA PULAU DEWATA

Discover the most beautiful & interesting places to your vacation

Garuda Wisnu Kencana

Posted by Wirahadi Bali on April 21, 2013

Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Berbagai keunikan dan keindahan terdapat di Bali baik di lihat dari sejarah, tradisi, adat budaya, kesenian dan panorama objek wisata. Sekian banyak objek wisata di pulau Dewata salah satunya adalah Garuda Wisnu Kencana disingkat ( GWK ). Taman budaya Garuda Wisnu Kencana ini berada di daerah perbukitan batu kapur dan cadas, tepatnya Patung ini berlokasi di Bukit Unggasan – Jimbaran, Bali.
Taman budaya Garuda Wisnu Kencana merupakan jendela seni dan budaya Pulau Dewata dengan latar belakang alam serta panorama yang sangat mengagumkan, menjadikan salah satu tujuan utama untuk berbagai pertunjukan kesenian, pameran, konferensi ataupun kunjungan keagamaan.
Dari kawasan Taman budaya Garuda Wisnu Kencana ( GWK ) ini kita bisa melihat betapa indahnya pemandangan Pantai Kuta, Jimbaran, Bandara Ngurah Rai dan Pelabuhan Benoa.
Luas area Taman Garuda Wisnu kencana ini lebih kurang 250 hektar, direncanakan akan didirikan sebuah landmark atau mascot Bali, berupa patung berukuran raksasa, patung tersebut adalah patung Dewa Wisnu yang sedang menunggangi burung Garuda. Patung ini diproyeksikan untuk mengikat tata ruang dengan jarak pandang sampai dengan 20 km sehingga dapat terlihat dari Kuta dan Nusa Dua.
Patung Garuda Wisnu Kencana ini merupakan simbol dari misi penyelamatan lingkungan dan dunia. Patung ini terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4.000 ton dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter, yang dibuat oleh pematung Bali, I Nyoman Nuarta, Jika pembuatannya selesai, bisa menandingi Patung Liberty di Amerika. Saat memasuki kawasann ini akan di jumpai beberapa buah pilar batu cadas alami setinggi 25 meter yang berdiri kokoh. Serta ada beberapa fasilitas lainnya sebagai penunjang dari kawasan Garuda Wisnu Kencana seperti :

  • Lotus Pond yang dikelilingi pilar – pilar batu cadas serta latar belakang patung kepala Burung Garuda menjadikan areal berkapasitas 7500 orang ini sangat ideal untuk berbagai pagelaran akbar, baik skala nasional / internasional.
  • Plaza Wisnu art shop yang menjual berbagai kerajinan khas Bali.
  • Exhibition Hall tempat untuk mengadakan pameran.
  • Amphitheater dengan kapasitas 800 tempat duduk dan tatanan acoustic kelas satu merupakan pagelaran seni budaya.
  • Street Theater merupakan panggung terbuka untuk konser musik, fashion show dan berbagai pertunjukan.
  • Jendela Bali restaurant dengan panorama pantai jimbaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: