WISATA PULAU DEWATA

Discover the most beautiful & interesting places to your vacation

Puri Agung Tabanan

Posted by Wirahadi Bali on April 18, 2013

Puri Agung Tabanan

Puri Agung Tabanan

Bali banyak memiliki Raja dan puri pada zaman sebelum kemerdekaan, dari sekian puri yang ada salah satunya adalah Puri Agung Tabanan yang terletak di Jalan Srigunting No. 3, Kabupaten Tabanan.
Puri Agung Tabanan saat ini merupakan tempat kediaman keluarga kerajaan Tabanan, puri ini dulu dijadikan sebagai pusat perintahan disaat sebelum kemerdekaan oleh Raja Tabanan. Keunikan Puri Agung Tabanan ini adalah terdapatnya banyak bangunan, adapun bangunan – bangunan tersebut antara lain : pelinggih Agung, Pelinggih Rong Tiga, Suci, Bale Gong, Kori Agung, Bale Astapeta, Bale Saren, Bale Loji, Kori Alit, Bale Gede, Kori Belakang, Kori saren Kelod dan Bale Jineng yang semuanya mempunyai fungsi masing – masing.
Pada zaman kerajaan, Keberadaan Puri Agung Tabanan berkaitan dengan tokoh Arya Kenceng yang dipercaya ikut datang bersama Gajah Mada saat Kerajaan Majapahit menaklukkan Kerajaan Bedulu pada tahun 1343, menurut cerita setelah berhasil menaklukan Bali, Patih Gajah Mada mengumpulkan semua Arya yang ada dan diberikan pengarahan dan pelajaran tentang cara mengaturan pemerintahan, ilmu kepemimpinan serta ilmu politik. Dengan maksud agar pulau Bali dapat dipertahankan sebagai daerah kekuasaan Majapahit. Setelah itu, semua Arya diberikan daerah kekuasaan yang menyebar diseluruh Bali. Arya Kenceng diberikan kekuasaan didaerah Tabanan rakyat Arya Kenceng menjadi Raja Tabanan I dengan pusat kerajaan terletak di Pucangan ( Buahan ), Tabanan.
Di masa pemerintahan Raja Arya Ngurah Langwang, Raja Tabanan III. Atas perintah  Dalem Raja Bali, pusat pemerintahan atau Kerajaan Tabanan agar di pindahkan ke Pucangan daerah selatan Akhirnya Arya Ngurah Langwang mendapat bisikan dimana ada asap mengepul maka disanalah puri itu dibuat. Setelah diamati dari Kebon Tingguh, terlihat asap mengepul ke atas dari daerah selatan, kemudian beliau menuju ke tempat asap mengepul tersebut, ternyata keluar dari sebuah sumur yang terletak di dalam area Pedukuhan yaitu Dukuh Sakti ( di Pura Pusar Tasik Tabanan sekarang ). Akhirnya ditetapkan disitulah beliau membangun Puri.
Setelah selesai, Puri Agung / Kerajaannya beserta Batur Kawitannya dipindah dari Pucangan ke Tabanan ( Sekitar Abad 14 ). Oleh karena asap terus mengepul dari sumur seperti tabunan membuat puri tersebut diberi nama Puri Agung Tabunan, yang kemudian berganti nama menjadi Puri Agung Tabanan dimana Kerajaannya disebut Puri Singasana dan Raja bergelar Sang Nateng Singasana.
Pada masa penjajahan Belanda Puri Agung Tabanan pernah dihancurkan yang kemudian dibangun kembali oleh “Cokorda ngurah Ketut” ( Raja Tabanan ke-22 ). Karena adanya keterbatasan saat itu, luas lahan yang digunakan dan jumlah bangunan adat yang didirikan tidak seperti yang semula.
Kota Tabanan memiliki berbagai objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, dengan karakteristik alam yang berbeda serta adat kebudayaan masyarakat setempat menjadikan kota ini pantas dijadikan salah satu tujuan wisata anda jika berlibur ke Pulau Dewata ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: