WISATA PULAU DEWATA

Discover the most beautiful & interesting places to your vacation

Monumen Margarana

Posted by Wirahadi Bali on April 16, 2013

Monumen Margarana

Monumen Margarana

Bagi anda penyuka wisata sejarah dengan mengunjungi berbagai situs peninggalan sejarah, Monumen Nasional Taman Pujaan Bangsa Margarana wajib dikunjungi. Candi Pahlawan ini merupakan makam para pahlawan yang gugur pada pertempuran tanggal 20 Nopember 1946. Pertempuran ini terkenal dengan nama Perang Puputan Margarana dan dipimpin oleh I Gusti Ngurah Rai.
Disini dapat disaksikan tulisan yang merupakan surat dari beliau kepada Belanda. Monumen Margarana memiliki luas sembilan hektar dan terbagi menjadi tiga bagian yang mengikuti konsep Tri Mandala yakni hulu, tengah dan hilir. Dengan menganut konsep tersebut maka keseimbangan akan tercapai.
Konsep dari Tri Mandala yaitu:

  • Bagian hulu, bagian ini terletak di sebelah utara. Merupakan kompleks bangunan suci yang sering disebut dengan Taman Pujaan Bangsa dan didalam taman ini terdapat beberapa bangunan seperti Candi Pahlawan Margarana.
  • Bagian tengah atau sebelah selatan Taman Pujaan Bangsa yang memiliki area seluas satu hektar. Sering disebut juga Taman Seni Budaya yang terdiri dari bangunan wantilan.
  • Bagian hilir ( sebelah selatan ) dengan luas empat hektar. Sering disebut juga sebagai Taman Karya Alam.

Di Taman ini dahulunya adalah tempat pertempuran Pasukan Ciung Wanara yang di pimpin oleh Kol.I Gusti Ngurah Rai berperang melawan Belanda pada tanggal 20 November 1946 dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Beliau Gugur di tempat ini dalam usia 29 tahun bersama pasukannya dan seluruh abu jenazah para pahlawan bangsa tersebut dimakamkan di sini. Peristiwa ini dikenal dengan nama Puputan Margarana. Puputan, dalam bahasa Bali, berarti “habis – habisan”, sedangkan Margarana berarti “Pertempuran di Marga”. Jadi bila diartikan mempunyai makna pertempuran habis – habisan sampai titik darah terakhir melawan penjajahan Belanda.
Bila anda berkunjung ke Bali dan ingin mengetahui sejarah perang Puputan datanglah ke Taman Puja Bangsa Margarana ini. Monument Nasional Taman Pujaan Bangsa Margarana berlokasi di Desa Marga, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan – Bali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: