WISATA PULAU DEWATA

Discover the most beautiful & interesting places to your vacation

Kabupaten Tabanan

Posted by Wirahadi Bali on April 13, 2013

Lambang Kabupaten Tabanan

Lambang Kabupaten Tabanan

Kabupaten Tabanan adalah sebuah kabupaten di provinsi Bali, Indonesia. Ibu kotanya berada di Tabanan. Kabupaten ini secara geografis terletak antara 814’30” – 830’70” Lintang Selatan dan 11454’52” – 11512’57” Bujur Timur. Luas wilayah Kabupaten Tabanan 839,33 Km2 yang terbagi menjadi sepuluh kecamatan.
Kabupaten ini memang cukup beruntung, dianugerahi dua wilayah topografis: pegunungan dan pantai. Semua wilayahnya bisa dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Bahkan luas areal sawah 23.154 hektar, terluas di seluruh Bali. Padi ditanam di seluruh wilayah kecamatan menggunakan sistem pengairan subak. Sistem pengairan yang mendapat air langsung dari sungai atau mata air yang dibendung, selanjutnya dialirkan ke suatu hamparan sawah yang disebut Pesedahan Yeh. Hasil – hasil pertanian Tabanan yang berfungsi memenuhi kebutuhan pangan Bali dipasarkan sebagai bahan mentah. Untuk andalan tanaman pangan lainnya adalah komoditas sayur – sayuran. Komoditas yang banyak dihasilkan daerah bertopografi tinggi seperti Baturiti ini untuk memenuhi kebutuhan sayur mayur hotel, restoran, dan supermarket di Bali.
Selain tanaman pangan, pertanian juga mengandalkan peternakan. Didukung oleh ketersediaan pangan dari jagung, peternakan memberi kontribusi terhadap kegiatan ekonomi. Ternak unggulan kabupaten ini adalah ayam. Peternakan ayam buras, petelur, dan pedaging terpusat di Desa Udu dan Bolangan, Kecamatan Penebel.
Kabupaten cukup terkenal dengan industri kerajinan. Industri yang banyak berkembang merupakan industri kecil kerajinan rakyat, seperti industri kerajinan anyaman, bambu, kayu, keramik, gerabah, logam, dan perak. Industri kerajinan keramik merupakan komoditi andalan kabupaten Tabanan. Industri ini berkembang di Desa Pejaten, kecamatan Kediri, kabupaten Tabanan. Meski industri pengolahan tidak berbicara banyak, komoditasnya dipasarkan ke Jepang, Amerika Serikat, Kanada, Denmark, Jerman, Korea, Spanyol, Perancis, Singapura, dan Australia.
Tabanan memiliki obyek wisata yang tercantum dalam peta obyek wisata Bali, seperti Pura Tanah Lot, Alas Kedaton, Bedugul, Ulun Danau Beratan, dan Kebun Raya Eka Karya. Sarana hotel dan penginapan juga cukup berkembang. Keberadaan obyek wisata dan sarana pendukungnya ini mempengaruhi pendapatan asli daerah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: