WISATA PULAU DEWATA

Discover the most beautiful & interesting places to your vacation

Bendungan Benel

Posted by Wirahadi Bali on April 8, 2013

Bendungan Benel

Bendungan Benel

Dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat pada sektor pertanian di Kabupaten Jembrana ( Bali Barat ), maka dibuatlah Bendungan Benel yang terletak di Desa Manistutu, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali. Hal ini dikarenakan persediaan air untuk pertanian hanya tersedia pada saat musim hujan. Adapun maksud dari pembuatan bendungan ini adalah sebagai sarana irigasi di daerah Jembrana.
Indahnya panorama alam disekitar Bendungan Benel menjadi inspirasi untuk menjadikan tempat ini sebagai salah satu objek wisata di Jembrana. Bendungan Benel dapat dikatakan besar dan luas, dikelilingi hutan lindung yang hijau dan alami membuat udara di Bendungan ini sangat sejuk, hal ini juga karena letaknya di daerah pengunungan. Pada bagian bawah bendungan anda dapat melihat hamparan sawah yang luas dengan terasering-nya sehingga sangat cocok dijadikan tempat untuk mengusir kepenatan saat anda jenuh dengan kehidupan di kota.
Pembuatan bendungan ini menghabiskan dana sekitar 107 milyar yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pengairan untuk lahan pertanian selama musim kemarau, serta dapat memenuhi juga kebutuhan akan air bersih untuk rumah tangga. Bendungan ini selain dapat mengairi area pertanian seluas 1.047 hektar juga menghasilkan air yang sangat banyak sekitar 64 liter perdetik.
Selain sebagai irigasi dan objek wisata alam, bendungan ini pun digunakan untuk usaha perikanan air tawar, seperti ikan mujair, ikan gabus dan ikan air tawar lainnya sehingga dapat juga dijadikan sebagai salah satu tempat untuk menyalurkan kegemaran akan memancing.
Bendungan Benel mulai dibangun pada tahun 2006 dan dapat terselesaikan pada tahun 2010, oleh presiden Republik Indonesia yaitu DR.H. Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 26 januari 2010.
Keberadaan bendungan ini sebagai objek wisata alam telah mampu menarik para  wisatawan untuk mengunjungi tempat ini walau letaknya masuk kedalam pedesaan. Saat ini fasilitas yang tersedia adalah lahan parkir serta toilet, namun pada hari – hari libur ada juga masyarakat sekitar yang berjualan makanan dan minuman.
Bendungan Benel ini terletak kurang lebih 100 km dari Kota Denpasar sehingga waktu yang diperlukan untuk sampai ke tempat ini sekitar 2 jam, namun demikian perjalanan anda tak akan membosankan karena indahnya pemandangan alam Jembrana yang mengiringi sampai ke tujuan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: