WISATA PULAU DEWATA

Discover the most beautiful & interesting places to your vacation

Arca Arjuna Metapa

Posted by Wirahadi Bali on April 8, 2013

Arca Arjuna Metapa

Arca Arjuna Metapa

Arca Arjuna Metapa berada di Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali. Menariknya, Arca ini berada dialam terbuka, atau tepatnya berada ditengah – tengah pesawahan berada di sebelah barat Museum Purbakala sehingga bisa diakses dengan mudah. Pengunjungpun bisa mengamati bentuk arca yang gagah sekalian dengan mengagumi keindahan pesawahan yang ada disekelilingnya.
Keberadaan Arca Arjuna Metapa ini erat kaitannya dengan mayoritas warga Bali yang beragama Hindu. Keadaan tersebut tentu sangat wajar kalau simbol atau petanda agama Hindu dipelihara dari waktu ke waktu. Melihat Arca Arjuna kita akan dibawa masuk dalam kisah melegenda Mahabharata yang menceritakan perselisihan keluarga Kurawa dan Pandawa. Dan Arjuna merupakan salah satu tokoh sentralnya yang berasal dari keluarga Pandawa.
Adapun bentuk arca ini terlihat dengan jelas menggambarkan Arjuna yang sedang menggunakan baju pertapa yang mana disebelah kanan dan kirinya didampingi oleh dua orang abdi setianya. Kedua abdi Arjuna tersebut bernama Tualem dan Merdah. Makanya meskipun keberadaannya ditempat yang terbuka namun sampai kapanpun arca ini akan tetap aman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: