WISATA PULAU DEWATA

Discover the most beautiful & interesting places to your vacation

Pantai Watu Klotok

Posted by Wirahadi Bali on March 30, 2013

Pantai Watu Klotok

Pantai Watu Klotok

Kabupaten Klungkung memiliki banyak pantai berpasir hitam yang eksotis, salah satunya adalah pantai Watu Klotok. Walaupun ada juga yang menyebutnya pantai Batu Klotok, karena arti watu dalam bahasa Bali adalah Batu. Sedangkan Klotok memiliki artian “berbunyi“, jadi asal mula penamaannya yaitu ditemukannya sebuah batu yang berbunyi di pantai ini.
Di lokasi pantai tersebut juga terdapat sebuah pura yang namanya sama dengan pantainya yaitu Pura Watu Klotok. Sejarah pendirian pura adalah ketika Mpu Kuturan melakukan perjalanan suci ke Bali pada abad ke-10 masehi. Dalam Lontar Dewa Purana Bangsul yang antara lain memuat: “Beliau Hyang Raja Kertha, datang ke pinggir laut tenggara yang diberi nama Silajong Watu Klotok, demikian disebut orang, mendirikan pura buat menjaga upacara untuk danau, mendatangkan hujan lebat, mengalirkan air selalu membawa kehidupan segala tumbuh – tumbuhan bagai jiwa alam sekalian”. Beliau Hyang Raja Kertha tiada lain adalah Mpu Kuturan.
Pantai Watu Klotok terletak di Banjar Celepik, Desa Tojan, Kabupaten Klungkung sekitar 7 km dari Pusat Kota Semarapura. Keindah pantai berpasir hitam ini dengan hiasan batu – batu sikat kecil, dan vibrasi keagungan pura watu Klotok menambah eksotisme pantai ini. Jika anda jalan – jalan kesini, mohon jangan melakukan hal – hal yang tidak senonoh, karena tempat ini sangat disucikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: