WISATA PULAU DEWATA

Discover the most beautiful & interesting places to your vacation

Pulau Manjangan

Posted by Wirahadi Bali on January 8, 2013

Pulau Manjangan

Pulau Manjangan

Lokasi wisata Pulau Menjangan berada disebelah utara Taman Nasional Bali Barat yang termasuk bagian dari Desa Sumber Klampok, Kecamatan Grokgak yang berjarak sekitar 76 kilometer sebelah Barat Kota Singaraja. Untuk mencapai Pulau para wisatawan harus naik perahu bermotor ( boat ) sekitar 30 menit dari Labuhan lalang.
Pulau Menjangan merupakan suatu pulau kecil tanpa penghuni yang berada di barat pulau Bali dengan memiliki luas sekitar 175 hektar yang terdiri dari batuan karang, batu – batuan vulkanik serta tanah vulkanik hitam. Sesuai dengan namanya pulau ini dahulu terkenal dengan menjangannya ( Cervus Timorensis ).  Pulau menjangan memiliki potensi keindahan laut yang sangat cocok untuk kegiatan rekreasi dan olah raga air seperti : Snorkeling dan Scuba Diving. Dengan memiliki keindahan alam bawah lautnya yang sangat menarik, kita akan dapat dengan mudah menemukan terumbu karang serta flora dan fauna laut yang beraneka ragam warna. Dengan kondisi air laut yang tenang dan panorama teluknya sangat mempesona. Kehidupan bawah laut yang sangat mempesona dengan berbagai jenis ikan laut hias yang hanya ditemukan dibeberapa daerah saja di dunia.  Hampir sekitar 59% dari nilai eksport ikan hias Indonesia berasal dari Pulau Menjangan.
Pada kedalaman 2 sampai 3 meter disekitar Pulau Menjangan terdapat kompleks karang laut yang merupakan dinding yang curam hingga kedalaman 50 meter.  Penyelam dari luar negeri menyatakan bahwa perairan Pulau Menjangan salah satu daerah yang sangat menarik untuk melakukan penyelaman karena jenis ikan hias-nya dan karang lautnya membentuk sebuah pemandangan yang sangat variatif. Keadaan air laut Pulau Menjangan yang tenang merupakan area menyelam yang baik dan merupakan salah satu taman laut yang terlengkap di Bali.
Di Pulau Menjangan ini juga terdapat Pura yang Indah dan mempunyai nilai sejarah, yaitu Pura segara dan Pura Kelenting sari, jarak kedua Pura ini dari tempat melakukan penyelaman kurang lebih 500 meter, melalui jalan setapak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: