WISATA PULAU DEWATA

Discover the most beautiful & interesting places to your vacation

Makam Jayaprana

Posted by Wirahadi Bali on January 8, 2013

Makam Jaya Prana

Makam Jayaprana

Makam Jayaprana dan Layon Sari ini terletak di kawasan hutan belukar Teluk Terima, Desa Sumber Klampok, Kecamatan Gerokgak, lebih kurang 67 km sebelah barat Kota Singaraja – Bali. Untuk mencapai makan ini anda akan melalui anak tangga yang sangat banyak biar sampai tempat tujuan wisata makam Jayaprana tersebut. Bila berkunjung ke tempat objek wisata ini tidak asal sembarang berkunjung, namun ada aturan – aturan yang harus ditaati sesuai dengan yang sudah ditentukan.
Kuburan ini merupakan bangunan yang menceritakan kisah cinta seperti Romeo dan juliet di Eropa atau Sampek Engthai di Cina. Sedangkan di Bali kisah cinta Jayaprana dan Layon sari. Jaya Prana dan Layon Sari adalah merupakan pasangan suami isteri yang sangat ideal pada masa Kerajaan Wanekeling Kalianget tempo dulu. Karena kecantikannya sang raja jatuh cinta pada Layon Sari dan dengan tipu muslihatnya dapat membunuh Jayaprana.
Sedangkan Layon Sari yang tidak mau diperistri oleh raja memilih bunuh diri untuk menyusul suami tercintanya. Setiap Bulan Purnama dan Bulan Mati ( Tilem ) dan hari – hari suci lainnya seperti Galungan, Kuningan, dan lain – lain banyak umat melayat datang ke kuburan ini. Objek wisata ini cukup terkenal oleh masyarakat Bali, namun untuk wisatawan jarang ada yang tahu tempat ini dan untuk berkunjung ke tempat objek wisata makam jayaprana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: